Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Friday 23 March 2012

"Alam Semesta itu bukti CintaNya"

30 Desember 2009 pukul 20:32

Mikro dan Makro Kosmos menyatu dalam keharmonisan gerak. Mari kita renungkan.

Alam diciptakan Tuhan sudah lama sekali, hanya Penciptanya sendiri yang tahu kapan Ia mulai menciptakan dan kapan pula ciptaanNya ini akan berakhir. Luasnya pun tak terhingga. Ia pula yang Maha Tahu ukuran sesungguhnya. Ilmuan telah menyelidiki bahwa dalam alam semesta ini terdapat miliaran galaksi, diantaranya : Galaksi Bimasakti (tata surya kita terdapat di dalamnya), Galaksi Magellan (berjarak kira-kira 150.000 tahun cahaya dari Bimasakti) dan Galaksi Adromeda (lebih jauh dari Galaksi Magellan, dengan jarak kira-kira 2000.000 tahun cahaya). Jarak-jarak tersebut tidak terbayangkan oleh logika manusia. Dengan kecepatan 300.000 km perdetik maka jarak satu tahun cahaya adalah 100.000.000.000.000 km. 

Betapa luasnya jagad raya ini jika di dalamnya terdapat miliaran galaksi,maka “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal (QS.3: 190). Alam semesta diciptakan oleh Alloh bukan main-main,justru dengan sungguh-sungguh, dengan pertimbangan yang matang, seimbang dan pasti , “Alloh Yang Telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka Lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah” (QS. 67: 3-4)

Bumi hanya setitik kecil dari semesta. Tapi apakah kita sadar bahwa ciptaan ini semua diciptakan buat kita, manusia ? Tuhan berfirman “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan dia Maha mengetahui segala sesuatu”(QS.2:29), dan bahkan alam semesta yang diciptakan jauh sebelum manusia ada, disiapkan untuk manusia. “Dan dia Telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir” (QS.45:13).

(Sumber disadur dari DR. Kaelany HD,MA, 2004. Islam dan Kasih Damai Bagi Alam, Restu Ilahi : Jakarta, h.27-28.)

0 comments:

Crocodile Print Pointer