Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Sunday 25 March 2012

Tuhan telah menciptakan ikan, berusahalah mencari umpan

20 Maret 2010 pukul 22:56

"Memancing adalah aktifitas utk melatih ketekunan & kesabaran menyambut asa masa depan yang gemilang"

Satu-satunya yang terus menyemangati perjalanan hidup ini adalah harapan, sekalipun yang sering datang justru yang tidak diharapkan. Sungguhpun demikian, hidup harus terus dijalani tahap demi tahap, fase demi fase, & waktu demi waktu. Banyak keinginan, tetapi banyak pula hambatan. Banyak sudah yang dikerjakan, tetapi masih lebih banyak yang terabaikan. Hidup ini adalah perjalanan, al hayatu musayyarah, life goes on. Dan dari perjalanan yang panjang itu, kita menjadi terasah, matang dalam bersikap, tahu cakrawala & makna kehidupan.

Sejarah orang-orang sukses & terkenal selalu dimulai dari pengalaman perjalanan hidupnya yang panjang & berliku-liku, berkelok-kelok mendaki & menurun. Mereka mengalmi penderitaan & nasib yang memilukan, tapi karena didorong oleh kemauan & motivasi yang kuat & pantang menyerah, setahap demi tahap, selangkah demi langkah, satu fase denan fase yang lain secara pasti, maka terjadilah perubahan & kemajuan yang mengantarkan pada kehidupan yg membahagiakan.

Hidup ini menurut adanya perubahan kea rah lebih baik. Perubahan itu memerlukan proses laksana proses ciptaan makhluk Tuhan yang bernama kupu-kupu, berawal dari ulat, kemudian menjadi kepompong, & terus menjadi kupu-kupu yang dapat terbang ke sana kemari.

Proses perubahan menuju lebih baik adalah ajaran agama, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah s.a.w “siapa yang keadaan hidupnya hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dia itulah orang yang beruntung; siapa yang keadaan hidupnya hari ini sama dengan yang kemarin, maka dia itulah orang yang merugi; & siapa yang keadaan hidupnya hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka dia itulah orang yang celaka”.

Tantangan & rintangan hidup harus membuat seseorang menjadi leih dewasa, lebih arif & lebih kreatif, & itulah bekal hidup sesungguhnya. Perjalanan hidup & pengalaman menghadapi berbagai persoalan memberitahu bahwa hakikatnya.
Tuhan telah menjadikan ikan, maka berusahalah mencari umpan. Orang-orang yang telah sukses memberitahu kepada kita, bahwa sesungguhnya begitu banyak harta & kekayaan atau apapun yang kita inginkan telah disediakan Tuhan. Tinggal kita berkreasi mencari strategi & mencari umpan untuk menangkapnya.

Mencari umpan diperlukan kemampuan & keberanian, & itu tergantung pada kesiapan fisik & mental kita. Tak jarang ita harus menghadapi tantangan & persoalan hidup. Ada tekanan jiwa, pikiran kusut, pesimis, apatis dsbnya. Tetapi sekali layar berkembang, kita pantang surut ke belakang. Kita harus bangkit & percaya diri bhw kita bisa mengarungi gelombang kehidupan. Kelahiran kita ke muka bumi ini sebenarnya adh sebuah bukti bhw kita tlh berhasil menjadi pemenang. Bukankah bibit manusia pd proses awalnya tlh mengalahkan skian juta bibit-bibit yg lain?..

Cakrawala kehidupan akn lebih berkembang apabila slalu dilandasi dgn pandangan agama yg mnjdi petunjuk Tuhan & mnjadi sumber inspirasi yg tak pernah kering. Agama adh sumber ilham yg tdk pernah putus utk menerangi jln kehidupan agar slalu berada dlm koridor & treak yg bnar sehingga roda perjalanan kehidupan laksana bibit pohon yg tumbuh di tanah yg subur, bibit pohon tsb mulai tumbuh dr waktu ke waktu dlm suasana yg trawat, daun, tangkai & dahan secara perlahan trs tumbuh & berkembang, mengundang mata & detak jantung serta alam pikiran ttg betapa besarnya keagungan Tuhan & indahnya pesona alam semesta.

Di sisi lain apabila tdk ada inspirasi yg dpt menerangi & memayungi alam pikiran & hati nurani, mk manusia akn mnjadi skeptis, bimbang alias ragu2 yg pd gilirannya membawa kehidupan abu2 atau gray area yg mudah berpotensi hnya menurut hawa nafsu, di permukaan kelihatan indah & menggiurkan laksana seorang berada di tengah gurun pasir sedang kehausan yg sangat, ia mencari air ke sana ke mari tapi air yg didambakan tak kunjung ada, saking hausnya ia tdk pernah berhenti mencari & ketika ia menoleh & memandang jauh ke dpn ia melihat bayangan air berkilauan-kilau sejuk, lantaran hausnya ia berlari menuju tempat itu & stlah sampai di tempat itu bukannya air yg ada tp fatamorgana /lapisan udara disebabkan pantulan sinar matahari.

Konsewensinya adh hidup ini harus mempunyai prinsip & arah yg jelas serta konkrit sehingga dpt berlabuh ke arah sasaran yang disebut pulai bahagia. Pergerakan & dinamika mrpakan motor perubahan hidup sbgmn kata orang bijak bahwa di tengah gelombang kehidupan tdk ada kata mundur, di tengah pertarungan tdk ada kata mnyerah, di tengah jalan tdk ada kata berhenti. Mrk yg bergerak, mrklah yg maju. Mrk yg statis, mrklah yg tertinggal krn dunia bergerak begitu cepat & kita harus mengikutinya.

(Sumber : HR. Baginda Harahap,2008. Tuhan Telah Menciptakan Ikan Berusahalah Mencari Umpan, Al Mawardi Prima : Jakarta Selatan.h.15-20)

0 comments:

Crocodile Print Pointer