Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Sunday 25 March 2012

Anda Stres ?...,Yuk Relaks

23 Juli 2010 pukul 21:21

Beragam cara untuk membuat diri Anda rilaks, lakukan dengan tulus, fokus, bermakna, & selami diri Anda sedalam-dalamnya dgn konsentrasi & kontemplasi penuh. 

Kebanyakan orang yang hidup pada zaman ini, mengalami tingkat kecemasan yang diakibatkan oleh tekanan-tekanan dalam masyarakat yang semakin rumit, kompetitif, dan tidak selalu mendukung. Memang kalau ingin berhasil, kita memerlukan sejumlah stress pada tingkat tertentu untuk menjaga agar tubuh tetap siaga dan waspada. Namun jika tingkat stress terlalu besar, maka kurang baik bagi tubuh, dan mulailah timbul gejala-gejala fisik dan psikis.

Ada tiga macam stres, yaitu stress biologis (infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur, & virus), stres psikis (mental, kejiwaan, emosional), dan stress fisik. Ketiga jenis stress dapat mengakibatkan hati memproduksi radikal bebas secara berlebihan dan juga dapat melemahkan system imunitas tubuh, sehingga terjadi gangguan keseimbangan hormone yang mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh. Stres psikis yang tidak terkontrol menimbulkan kesan pada tubuh adanya keadaan bahaya dan gawat darurat, sehingga memicu dilepaskannya hormone-hormon kewaspadaan (kortisol, katekolamin, adrenalin) secara berlebihan yang berdampak buruk pada tubuh; salah satunya dapat mempengaruhi fungsi sistem pertahanan tubuh atau kardiovaskuler.

Beberapa tindakan fisik pereda stres
a.Menguap. Menguaplah dengan sebebas-bebasnya, jangan ditahan; sebab menguap sangat efektif dan cepat menghilangkan cemas.
b.Berjalan cepat selama 15-30 menit. Berjalan cepat dapat menghasilkan endorphin peningkat mood dan dapat mengurangi kecemasan.
c. Menangis. Menangis dapat membuang bahan kimia dari tubuh yang terbentuk bila seseorang sedang stress berlebihan.
d.Tertawa. Tertawa juga melepaskan endorphin, memperdalam pernapasan, meningkatkan mood dan meregangkan otot, sehingga dapat melepaskan ketegangan.
e.Menghirup wewangian, misalnya: bunga, lilin wangi, dan biarkan harumnya menyebar di ruangan dan hiruplah wanginya.
f.Menyanyi. Menyanyi bisa memperbaiki pernapasan oleh diafragma, sehingga mengurangi stres.
g.Minum kopi dan makan coklat secukupnya.
h.Makanlah pisang. Pisang mengandung potassium (ion K+). Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu menurunkan tekanan darah. Pasta, kentang, dan susu juga dapat mengurangi stres.
i.Tarik napas dalam. Regangkan otot perut dan ambil napas dalam dan tenang. Letakkan telapak tangan di perut, tepat di atas pusar. Selagi menarik napas, biarkan perut naik sekitar 7 cm, dan lepaskan napas secara perlahan sampai telapak tangan turun sekitar 7 cm pula. Lakukan selama beberapa menit, ulangi beberapa kali sampai Anda mulai merasa lebih santai.

Tindakan psikis pereda stres
Tetap tenang. Jangan membesar-besarkan masalah yang sedang dihadapi, sebab masalah merupakan bagian dari hidup manusia di dunia ini; tidak ada seorangpun yang bebas dari masalah.

Menikmati suasana yang damai dengan atau tanpa melakukan latihan pernapasan. Suasana damai tersebut dapat dilakukan dengan membayangkan hal-hal seperti: gumpalan awan yang bergerak perlahan di langit biru, melihat pemandangan indah, suasana pedesaan atau pegunungan, melihat dan mendengarkan suara deburan ombak memecah pantai, suara gemericik air, dsb. 

 Rilekslah sejenak di tepian sungai...,rasakan kesejukan airnya..dengarkan aliran sungai ini..imajinasikan dgn pikiran & perasaan Anda..fokus....temukan pesan & makna tersembunyi di dalamnya.

Memelihara hati tetap sehat. 

Kurangi beban pikiran yang tidak perlu, tetap bersyukur, tingkatkan kepercayaan kepada Tuhan, mampu menyerap perlakuan tidak adil dan tidak meneruskannya kepada orang lain.
Berkomunikasi dengan Tuhan melalui alam ciptaanNya membuat diri anda tenangMenjaga hati tetap segar. Mempercayai Tuhan terus-menerus sepanjang bulan, minggu, hari, dan jam, membuat hidup selalu segar. Ingat, Tuhan tidak pernah meninggalkan orang yang berharap dan percaya kepadaNya, walaupun seolah-olah Anda sendirian karena ditinggalkan sahabat, anak, pasangan Anda, sesuatu yang Anda kasihi; tetapi Tuhanlah penolong dan pendamping yang setia.
Mengurangi perang batin: dengan menghilangkan iri hati, amarah, kebencian, dan kepentingan diri sendiri, jangan cemburu kepada mereka yang sukses atau kaya dengan melakukan kecurangan.


Hanyutkan pikiran & perasaan negatif/kotor dalam diri Anda..bersama arus deras air terjun itu..kikis bersih & jernihkan kembali jiwa anda sehingga kesejukan hati akan terasa di sepanjang kehidupan Anda.

Tetapkan sikap hati. 
Tentukan sikap hati dan pikiran Anda dengan ucapan syukur dan nikmati hidup dengan penuh sukacita, sekalipun lingkungan Nampak buruk dan tidak bersahaja.

Ada batasnya. Silakan bekerja dengan sekeras-kerasnya, karena untuk itulah Anda ada; namun Anda tak seharusnya menjamin bahwa semua tujuan itu pasti tercapai; sebab itu memang bukan tugas Anda untuk menggapai semua.

Sabar. 
Kegagalan umumnya disebabkan oleh kesalahan, tetapi bila kesalahan tersebut tidak permanen, maka sesungguhnya kegagalan adalah kesempatan yang sedang menunggu waktunya untuk berhasil. Pemenang, bukanlah mereka yang tidak pernah gagal, melainkan mereka yang tidak pernah berhenti untuk terus mencoba kembali.

Jangan kecewa. 
Pertama-tama, jangan menilai seseorang dari penampilannya, tetapi lihatlah ke dalam hatinya, sehingga Anda tidak dikecewakan.

Jangan ambil hati. 
Jangan membalas dendam terhadap olokan dan perlakuan tak bersahabat dari orang-orang sekitar Anda, melainkan balaslah dengan senyuman. Bila Anda dihina, jangan membalas dengan hinaan.

Dekat dengan Pencipta. 
Anda akan mampu menghadapi ketakutan terhadap apapun, jika Anda menyadari bahwa Tuhan ada di dekat Anda.Rasakan kehadiran Tuhan bersama Anda dan alam sekitar Anda...berdialoglah denganNya...jiwa anda akan aman, tentram & damai.

Miliki belas kasih. 
Belas kasihan takkan berdiam diri dan mau terlibat saat melihat orang membutuhkan sesuatu, mau berbuat bagi mereka yang menderita, dan tak kuasa meninggalkan orang menderita.

Sadar. 
Biarlah Anda menyadari hal-hal disekitar anda, seperti :
Halaman tetangga yang nampak lebih hijau, belum tentu cocok buat Anda.

Apa yang pada awalnya terasa pahit dan tidak enak, terkadang bisa berbalik membawa hikmah yang menyenangkan; begitupun sebaliknya.

Ketika Anda mendapatkan kenikmatan, jangan terburu nafsu sampai lupa diri, sebab masih ada hari esok dengan berjuta kemungkinannya.

Cobalah untuk memahami orang lain bukannya minta untuk dipahami.
Milikilah keinginan melihat keberhasilan orang lain alih-alih kehancurannya.
Bersikap dan berpikir positif akan membawa pada tindakan dan perilaku positif yang dapat menghasilkan buah-buah yang positif.

Jangan menyesali kegagalan dan kesalahan lebih satu malam, segeralah temukan makna atau hikmah dari kegagalan tersebut; kemudian bangkit untuk mencoba kembali meraih apa yang sebelumnya diinginkan.

Apapun yang Anda perbuat, ingatlah bahwa semua perbuatan itu dilakukan untuk Tuhan dan jangan berharap akan balasan dari orang yang kita beri.

(Sumber : Dr. Iskandar J., Menuju Hidup Sehat & Awet Muda, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2004.h.126-135)

0 comments:

Crocodile Print Pointer