Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Friday 23 March 2012

Dunia Cyber Bagai Pisau Bermata Dua (BONUS SPIRIT MOTIVASI + TIPS BAGI FACEBOOKER AGAR AMAN DARI TINDAK KRIMINALITAS)

18 Februari 2010 pukul 9:10

Facebooker jadi Penjahat Cyber ?
Sebagai pengguna facebook, Saya sangat prihatin dengan kejadian belakangan ini. Situs jaringan sosial ini sengaja digunakan untuk melakukan aksi kejahatan demi memenuhi keinginan pribadi dari pelaku kejahatan itu. Sayangnya pelaku ini adalah oknum dari facebooker. Jelas citra/image facebooker lain jadi buruk.

Seperti pisau bermata dua, itulah yang kita sebut untuk teknologi informasi saat ini. Khususnya facebook ini. Di satu sisi banyak hal-hal positif yang ada pada media ini, misalnya mengembangkan akses informasi dan komunikasi jaringan dengan mudah, hubungan psikologis antar manusia dari berbagai kalangan, hal-hal kebaikan lainnya. Dunia ini adalah pertarungan antara kebaikan dengan kejahatan. Sesuatu yang awalnya bermanfaat untuk hal-hal positif ternyata disalahgunakan untuk hal-hal yang nagatif. Facebook dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menipu, menyebarkan pemikiran jahat,licik,kotor dan membenci kebaikan serta keharmonisan. Sehingga facebooker secara tidak sadar disibukan dengan urusan memperbanyak teman chatt untuk tujuan merusak moral dan spiritual generasi bangsa ini. Seperti memasang gambar , video, tulisan yang berbau vulgar (porno), membuat data indentitas palsu, sehingga facebooker terbiasa berbohong saat chatting dll. Kasus penculikan ABG, pelajar dan mahasiswi oleh teman chatingan. Oknum yang sengaja menyebar pemikiran-pemikiran gila dan menyesatkan. Sehingga anak negeri ini tak lagi bermoral, tak lagi bersopan-santun/menjaga etika dalam berkomunikasi, ingin bebas dari kekangan ajaran agama, maunya ingin freedom,liberal, pokoknya bebas sebebas-bebasnya.

Ini era cyber, kita sebangai masyarakat modern mesti berpemikiran modern. Benar,semua kita setuju tapi pemikiran modern seperti apa yang dimaksud?...apakah pemikiran yang berani menyimpang dari ajaran agama, moralitas bangsa ini dikatakan modern? atau terus mengikuti perkembangan jaman namun tetap setia pada nilai-nilai luhur bangsa ini yang bermoral, beragama, berbudi luhur dan lainnya. Saya yakin pilihan Anda menunjukan bahwa anda masih punya jati diri sebagai bangsa ini. Karena Jati diri bangsa ini adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang murni dari ajaran agama masing-masing. "Kejahatan terjadi bukan hanya terjadi karena niat pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan. WASPADALAH....WASPADALAH”.. http://kang-tejo.blogspot.com/2010/02/facebook-sarana-baru-untuk-kriminalitas.html

Special for Young Generation
Spesial buat facebooker muda (usia belia : ABG, remaja,pelajar, mahasiswa) kamu2 yang doyan bnget sm browsing, chattingan, nge-blog,frenster-an, facebook-an, twiter-an, dll yg km tau, km2 smua punya potensi di bidang IT,kembangin terus ide kreatif km bikin duniamu terasa asyik dan menyenangkan. Km anak muda yg hebat,berbakat & PD soal teknologi informasi ini,berbagai hal km tau,pkoknya ngomong soal IT kmu jagonya. Tapi Aku gak 100 % yakin klo uang sakumu km cari sendiri buat muasin rasa ingin taumu tentang IT ini. Km bangga ortumu banyak uang,kapanpun km mau bisa km minta,untuk menuhin kebutuhan km. Aku lebih bangga klo km berprestasi di sekolah,di kampus, juga gak gaptek. Aku sedih,kesal dan marahin km abis2an klo km pinter dan sibuk ngenet,tapi km males blajar, putus sekolah,bolos,bo’ongin ortu, jail,bikin onar,bkin malu ortu,ngecewain orang yang nyayangin km,bkin kcewa mrk yg abis2an biayain keperluan km termasuk uang jajan ngeNet & NgeGame km. Km yakin udah bisa hidup mandiri tanpa mereka yg sayang banget sm km ?......Km yakin gak bakalan dimarahin, gak bakalan dibenci sm mereka akibat ulah km ?.....Apakah Km mikir slama ini biaya sekolah/kuliahmu dan perhatian kasih sayang mereka adh buat kesuksesan masa depan km ?....Apakah yg udh km buat slma ini bisa bkin bangga mrk dan mkin sayang pd mu atau malah sebaliknya ?....km ngaku percaya sm Tuhan, apakah Tuhan suka apa yg slama ini km buat ?......Berapa x km bolos berdoa dan beribadah sm Tuhan ?... Aku yakin km smua anak baik, pemuda yg baik, generasi bangsa yg punya talenta masing-masing. Aku gak mau masa depan km suram,hancur gara2 km keliru memandang masa depan. Km lebih senang chattingan, cari tmn via fb dari pd menyapa tmn/sahabat2mu di sekolah,di kampus atau di mana aja. km lbih patuh sama aturan Game favorit km ktimbang nasehat ortumu, gurumu dan org yg menyayangimu. Km lebih asyik dan happy bermain, menjelajah di dunia Cyber dr pd ngembangin bakat dan minat km di dunia nyata. Km lebih akrab sm tmn chatingan& diskusi Group km dr pada ngumpul bareng tmn2 tuk berbagi cerita, curhatan, diskusi klompok blajar ,kuliah bersama Dosen atau kelompok pengajian agama. Km lebih bersemangat blanja via internet dan berkunjung ke situs2 kesayanganmu dr pd skdar nemenin Ibu,ayah dan keluarga tuk shoping bareng di pasar/mall, rekreasi, atau acara arisan keluarga.

Dunia Cyber akan Berakhir, Apa yg Kamu Lakukan?
Dunia maya memang sgalanya bisa bkin kita happy fun, bahkan berimajinasi,berfantasi-ria di sini so what itu hak km,cz itu dunia kita yang kita ciptakan buat kesenangan dan kebahagiaan hidup kita. Tapi ingat, banyak hal yang bisa km lakukan di luar sana…slain di “dunia imaji” ini. Km bisa lakuin olahraga yang km suka tuk bkin km tetap fit & fresh. Sesekali ke toko buku tuk baca, atau km punya uang beli buku yg km suka atau mampir ke Perpustakaan meski km lebih snang membaca dan blajar melalui Cyber.

Hidup emank perlu kreatifitas dan inovatif agar hidup lebih enak dan bervariasi. Sewaktu-waktu Km akan merasa jenuh,bosan di dunia Cyber ketika energi yg menghidupkan duniamu itu berhenti atau habis. Misalnya yang sering km alami aliran listrik padam mendadak di saat km asyik2nya chatting di fb,browsing dll, km pasti kesal,marah. Atau saat km browsing/chatting,terjadi gangguan link internet di t4 km,loading kelamaan, atau jaringan dimasuki virus dll. Km punya uang buat ngenet cm cukup buat 1 jam, sehingga km mesti ekstra cepat,kebut2an ngenet atau Km kehabisan uang buat ngenet lagi. Oke itu pengalaman mrk yg ngenet di warnet. Bagi km yg punya notebook,laptop,blackberry,hp mungkin lebih mudah akses internet. Yang namanya teknologi jaringan tetep aja punya masalah. Gara2 km sering ngenet, hp blackberry km bermasalah, notebook/laptop km diserang VIRUS mematikan, mungkin bisa km atasi dg anti virus terhandal yg km download. Teknologi tak jauh dari energy yang menghidupkannya, dengan terpaksa km gak bisa bermain di dunia kesayangan km ini saat listrik padam, hp louwbet,laptop km batrai casnya ngedrop.


Truzz…pada situasi & kondisi ini (dunia Cyber berhenti) km kmbali ke dunia rill km, barulah terpikirkan perutmu sedang lapar, kesehatanmu agak menurun, matamu perlu istirahat, km belum bkin tugas blajar, tubuhmu perlu olahraga, pikiranmu & perasaanmu perlu relaksasi dg ibadah pdNya,km udh banyak ninggalin kewajiban sm Dia Yg Nentuin hidup km setiap hari, uang sakumu menipis km perlu berhemat, bahkan km baru teringat km msti hemat energy klo masih ingin bermain-main di dunia Cyber. Ternyata slama ini pikiran kita keliru memandang dunia Cyber katanya bkin hidup luas, malah sebaliknya bkin hidup terasa sempit, cz kta asyik berjam-jam ngabisin w2 Cuma buat facebook-an, chattingan, ngeGame, browsing dll.

Tips aman buat facebooker
Umumnya bagi facebooker mesti tau cara aman bermain di media ini. Aku yakin tips berikut ini adh hal yang umum diketahui facebooker. Cm skedar mengingatkan, “Kejahatan bukan hanya karena niat & kemauan pelaku tapi karena ada kesempatan untuk berbuat jahat, maka WASPADALAH ! WASPADALAH !!! (He he berguru sm Bang Napi). Cz, km2 yg msih belia bnget & masih pemula di dunia Cyber ini bisa jadi “cemilan empuk dan gurih” mereka yg punya maksud jahat sm km. Mulai sekarang jadiin diri km Detektif Girl to Cyber, selidiki trik2, rahasia kejahatan mereka tuk nguasai pikiran & perasaan km.

Bgi km yg cew, hati2 jika ada profil yg tak di kenal tiba2 add fb km (mohon jdi tmn km), jangan di klik dulu konfirmasinya apalagi yg masih pemula tentu bersemangat mencari tmn baru, sabar dulu.. pelajari dulu profilnya, lihat koleksi fotonya, selidiki siapa temen2 dia, buku bacaan dia, group yg dia ikuti, testymoni2 & catatan dia (dr situ kita bisa tau siapa dia & gmna pemikiran dia). Jika km yakin dia orang baik2 jadiin tmen km.

Cewek-cewek sangat snang curhatan, cerita apa aja. Tanpa disadari kadang tmn cow yg chattingan sm dia sedang mempengaruhi pikiran & perasaan si cew. Emank sih ini lumrah terjadi gak cm di fb, di mana2 cow tu suka sama cew gtu juga sbaliknya cew snang banget curhat sm cow. Curhat sih boleh aja asal jgn terlalu terbawa perasaan. Misalnya cow sok perhatian sm km, krna km lagi sedih. Cow juga isenk nanyain soal pribadi km,bahkan hal yg sensitive bgi km bisa dia tanyain. Aku ykin km tau apa yg mesti km lakuin jika ada tmn cow yg baru diknal udh langsung nanya soal hal2 pribadi km. Tentu jangan langsung di jawab.

Kadang cowok sengaja memuji-muji kelebihan km, kecantikan km, pribadi km. emank sih siapa yg gak suka klo ada yg memuji. Tapi ingat, jika terdengar berlebihan,tidak sesuai dengan diri km yg sebenarnya,maka berwaspadalah,km sedang dikuasai secara tidak sadar. Km bisa punya perasaan senang sm dia,ingin akrab, mau terbuka,mau curhatan sm dia, bahkan km langsung percaya sm dia bahkan memberikan nomer HP/telpon,alamat rumahmu secara lengkap. Ini terlalu jauh, jangan km lakukan.

Waspadai, jika ada cowok yang udah km knal via chatting di fb ingin mengajakmu jalan2 karena alamatnya berdekatan dengan alamat km,misalnya satu daerah/se-provinsi. Dengan alasan refresing, ingin ketemu km langsung,ingin ngobrol2 lbih akrab,lebih dket. Apalagi dia dan km ngaku pacaran via fb. Lebih aman menolak dgn alasan belum ada w2. Jika cow itu masih tetap ngajak km dgn iming2an gak ngapa2in km,cm jln2 doank, atau mau berikan sesuatu yg special buat km,mau traktir km, dan janjiin apa yg km minta. Ini adalah cara Clasik memikat hati cewek yg doyan dan lebih mentingin kesenangan yg bersifat materi. Aku ykin km bukan tipe seperti itu,maka menolak lebih baik dgn cara baik tanpa menyinggung prasaan dia.

Km sering di-MC sm dia (cow),sering nelpon km,nanyain keadaan km,sering juga SMS-in km, ini cara Clasik dari cowok tuk memancing rasa penasaran km sm dia. Seolah dia perhatian banget sm km,padahal ada maksud disebalik itu. Kita boleh selalu waspada asal gak berlebihan bukan curiga/negative thingking.


Semua orang sneng banget majang foto2 pribadinya di fb. Apalagi Aku hehe…tapi bgi Cewek-cewek gak mau kalah,tmn2ku aja bersemangat banget upload foto2nya apalagi yg wajah/tampang mirip artis gitu..yg cantik,imut,ngeGemesin, iiih gak tau deh narsis apa gak terserah deh. Tapi ingat sobat, wajah cantik dg fose yg menggairahkan, memancing mata2 para cowok tuk mengetahui lebih jauh (maaf) lekuk tubuh km. Ya..km emank bebas berekspresi,misalnya wajah cantik,kulit mulus bercahaya, body langsing dll km punya bakat model,but apakah cm karena itu km bisa disukai,disayangi dan dicintai ?...jujur nih..bagi cowok normal add fb km tertarik & penasaran sm tubuh km bukan inner beauty yg km miliki. Lain w2 si cow yg terpesona sm tubuh km ingin ngajak chattingan privat, minta no HP km, ngajak jln2 km, truuuuzzz….km pasti gak nyangka apa yg dia lakuin sm km (jaga diri lebih baik sebelum terjadi sesuatu yg buruk bahkan ngilangin aura kecantikan km slku cewek).


Aku gak ngelarang km upload foto2 pribadi kok, asal yg wajar dan baik untuk dilihat. Tidak memancing “si hidung belang”, “si mata keranjang”, “buaya darat”, “kumbang beracun”, “ular berbisa”,”si ayam jantan” entah apalagi julukan bagi si cowok si otak Ngeres. Dan cewek2 yg udh tau dirinya dlm bahaya pengaruh si cow, atau takut narsis ada cewek2 yg sengaja gak nyimpen foto2 pribadinya di fb, dia lebih memilih foto/gambar bunga2,tumbuh2an, pemandangan alam, atau gambar2 lain. Ada pula cewek2 yg pke tutup kepala (bagi yg beragama Islam,krna bagi mereka itu wajib & perintah dr Tuhan), cewek2 yg memilih gambar Angel (menyimbolkan dirinya malaikat,atau gadis baik2), ada juga cewek2 yg menyimpan fotonya yg sudah diedit menjadi blur/samar2. Ada juga cewek2 yg suka sama tokoh anime/animasi, dan masih banyak lainnya. Terserah deh mana yg km anggap aman bg diri km.

Tapi…waspadai juga, ada tipe cowok yg penasaran banget sama fb cewek yang gak pke foto sesungguhnya. Iiih aneh ya..,ya itulah hidup, slalu ada tantangan. Kok bisa…?..jelas penasaran,dia ingin tau siapa sich orang dibalik foto2 kegemarannya ?...bahkan dia bisa bikin fb lebih dari satu buat knalan sm km. Iiih kok curiga terus,ini fakta..di dunia maya seperti ini udh di anggap hal yg biasa terjadi. Jangan kaget,heran klo dia bisa tau diri km padahal km nerasa belum pernah kenalan apalagi ketemu. 
  
Ada tipe cowok yg isenk ngajak chatting km malam2 banget, awalnya bicaranya enak,sopan,berwibawa,tulus, penuh canda, perhatian.Tidak terasa pikiran & perasaan km dibawanya dimanjain dlm dunia imajinasi yg dia buat. Malam semakin larut,km yg awalnya ngantuk bisa2 melek lagi saking asyik chatting sm dia.Km dibuatnya merasa bahwa km percaya sm dia. Km mesti tau ciri2 khas apakah dia benar2 cowok baik atau bukan. Baca & perhatiin stiap kalimat yg dia ketik. Jika di awal kalimatnya langsung bernada gombal,merayu,lebay,mengarah pada seks, maka hati2lah dg tipe cowok ini. Gitu juga klo km menemuin cowok yg suka curhat sama kamu soal hal2 pribadi, ini juga perlu diwaspadai karena curhat adalah jurus jitu cowok tuk menguasai cewek. Di awal boleh dianggap tmn curhat di fb, tapi ingat klo udh diluar bukan lagi curhatan, itu salah satu cara cowok mengelabuhi cewek tuk bisa berdua2an,sm seperti pacaran. Katakan TIDAK!!! untuk ngeSEKS,ML, dll. Km masih punya masa depan yg panjang. Jgn hancur gara2 soal godaan nafsu dari dia. Namun jika ada cowok yg suka nasehatin km,ngasih kata2 motivasi/semangat buat km, ngingetin km sm Tuhan, ini km mesti yakini dia cowok baik2. (he..he..ada udang di balik bakwan nich..) Tapi perlu km tes apakah dia kuat imannya, bisa menahan godaan dr km, pancing pertanyaan seputar hal2 cinta,seks dll asal jangan kelewat batas ya..jika dia juga bernada sama seperti tipe cowok Ngeres itu. Kembalikan dirimu pada dirimu sendiri dan dia pada diri dia sendiri (be your self). Berkatalah bahwa km bukan cewek gampangan. Tapi klo dia menolak, sangat berhati-hati & sopan menjawab saat ditanya soal “begituan” , bahkan malah kata2nya bkin km jadi tobat dech, smakin km goda dia..smakin dia nasehatin soal kebaikan, ingat sm Tuhan..weeeiiih,brani gak ngadepin cowok tipe ky gini..?...coba aja..

Hey..kok cewek terus yg mesti berhati-hati?..iih gak adil. Bkn gtu..,emank fakta yg terjadi umumnya cewek yg mudah banget dijadiin korban manipulasi pikiran & perasaan. Sadari bahwa km punya kelemahan dalam hal penguasaan pikiran dan perasaan.Makanya buat km cewek2 yg gak mau dipermainkan sm cowok2. Kuncinya cm satu, PD. Km mesti ykin bahwa km gak selemah yg mrk (cew) kira, Di balik kelemahan tersimpan kekuatan yg bisa melemahkan dan menundukan cowok asal km jangan salah gunakan yaitu inner beauty (kecantikan dari dalam). Umumnya para cowok sulit melacak inner bauty para cewek dan ini kelemahan cowok. Tapi hanya cowok yang berilmu, punya etika baik,artinya bukan cowok gampangan yg bisa membaca innet beauty seorang cewek.

Umumnya cowok-cowok punya kelemahan, yakni senang dan suka dengan fantasi dan imajinasi seksual. Jadi jangan heran jika di fb cowok banyak koleksi foto lawan jenisnya yg menggairahkan secara seksual. Kadang cewek2 yang tergabung merasa bangga bisa tergabung,bisa chattingan,bisa SMSan,telponan,bahkan jalan2 sm cowok tipe ini. Padahal ini membahayakan bagi cewek itu sendiri, sebab dengan sikap yang bebas bergaul tanpa mengenal batasan ini, akan menutupi inner beauty-nya selaku cewek terhormat. Maaf bagi para cewek, di mata cowok, tipe cewek yg mudah terpengaruh,mudah mengumbar tubuhnya di depan umum,via media, adalah cewek murahan. Mudah untuk dipermainkan perasaannya. Cewek2 yg gak mau dibilang seperti itu pasti mikir2 dlu klo mau upload foto pribadinya yg berbau seksual.

(Bersambung...)

(Tips edisi perdana, dari Agen Detective Angel to Cyber, Kirimkan misi kamu selanjutnya & laporkan ke Agen kami, jika terjadi aksi kejahatan melalui dunia maya ini )

0 comments:

Crocodile Print Pointer