Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Sunday 25 March 2012

"Jelajahi Tubuh Anda"

7 April 2010 pukul 13:30

Kenali diri anda, pelajari seluk-beluk diri anda sendiri. Maka anda akan tau siapa diri anda sebenarnya.Apa yang terlintas dibenak Anda, saat membaca judul di atas ?...saatnya Anda jujur dengan diri sendiri. Apakah Anda berpikir soal fisik ?...atau malah Anda adalah tipe orang yang anti bicara seputar fisik ?..

Siapapun Anda, saya yakin menyayangi tubuh/fisik Anda sendiri. Jangan curiga dulu,obrolan kita kali ini bukan utk eksploitasi tubuh/berbau porno. Meski di awal ini kita lebih banyak bicara soal fisik. Hanya Anda yg tau seluk-beluk kelebihan & kekurangan pada diri Anda. Lihat tubuh Anda, kepala,tangan, badan, kaki tampak sempurna. Panca Indra smuanya berfungsi/normal. Bercerminlah, perhatikan raut wajah Anda, inilah karunia terindah yang dimiliki makhluk berakal. Kita adalah sebaik-baik makhluk yg ada di muka bumi ini. Tunggu dulu, sepertinya ada yang membuat Anda tak nyaman. Jangan mengalihkan pandangan Anda,tetaplah di depan cermin, terimalah diri Anda apa adanya. Syukurilah, pujilah diri Anda, dibalik kekurangan ada kelebihan yg belum Anda gali. Sadari..bahwa inilah hasil dari penyatuan dua gen manusia yakni Ibu & ayah Anda.Sungguh dahsyat ciptaanmu wahai Tuhan.

Wajah Anda
Mata,kamera perekam visual tercanggih yang dititipkan oleh Tuhan.Jagalah mata. 

Pada wajah,pandanglah mata Anda…,gurisan warna pupil (selaput pelangi) yang menjadikan bola mata Anda tampak indah. Warna khas beraneka, dari hitam kecokelatan, hitam kebiruan,dll. Inilah mata yg membuat Anda menikmati keluasan alam semesta, menyaksikan berbagai fenomena/peristiwa kehidupan, mulai dari tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, bahkan benda yang tak bernyawa seperti unsur alam, tanah lembab & subur, kejernihan air, nyala api, kemilau cahaya dll. Kedip-kedipkanlah mata Anda, sambil Anda renungkan apa jadinya jika mata tak punya kelopak mata/atau kelopak mata anda tak bisa dikedipkan. Maka dlm waktu singkat, mata Anda akan rusak akibat debu & sinar yg menyilaukan.
Pada wajah terdapat hidung. Indera penciuman inilah yang membantu anda membedakan berbagai bau, aroma yang tersebar di udara yg anda hirup. Aroma masakan, makanan favorit anda, sehingga menambah selera makan anda. Wangi semerbak bunga di taman yg menyegarkan, bau wewangian saat anda memilih parfum di toko kesayangan anda.bagaimana sikap anda saat mencium bau tak sedap saat melintas di tumpukan sampah ini ? Begitu pula setiap orang tidak suka dengan bebauan yg busuk,menusuk hidung. Misalnya bau bangkai hewan, bau sampah yg menumpuk, (maaf) kotoran, bangkai manusia yg dipenuhi belatung. Atau apa saja yg menjijikan & kotor pasti berbau busuk. Dengan spontan kita menahan napas atau menutup hidung ketika bebauan itu mengusik & mengganggu hidung ini.

Tak ada manusia yang terlahir sempurna..jangan kau sesali sgala yg tlh terjadi. "Syukuri apa yg ada..hidup adalah anugerah..tetap jalani..hidup ini melakukan yg terbaik. (by Rian D'Masiv) 

Bercerminlah,lihat & perhatikan bentuk wajah anda, apakah anda merasa cantik, imut,lucu, ngegemesin, atau buruk, jelek, menyeramkan. Apapun penilaian orang lain saat melihat wajah kita, kita tak boleh terkecoh. Wajah tak ubahnya topeng. Wajah ini adalah anugerah terindah dari Tuhan untuk kehidupan anda. Jaga & rawatlah dengan baik & gunakan utk hal-hal yg baik. Banyak manusia tertipu dgn kecantikan & ketampanan wajah, gara-gara tertarik/terpesona dgn wajah seseorang bisa berbuat tanpa kontrol & malah merusak,menglenyapkan keindahan dibalik kecantikan & ketampanan itu. Karena tak selamanya Anda memiliki wajah cantik/tampan, karena sesuatu yg fisik sifatnya sementara, seiring waktu, wajah juga termakan oleh usia. Meskipun anda memoles dgn make-up kosmetik apapun, kerutan wajah akibat usia tua tak bisa disembunyikan. Jangan terlalu bangga dgn wajah yg mempesona, jangan pula bersedih dengan wajah tidak mempesona. Karena dibalik wajah yg kurang mempesona secara fisik, andalah yg terhindar & terselamatkan dari sifat sombong, membanggakan diri, atau menghina orang lain. Malah anda yg memiliki wajah yg sedang-sedang saja bisa lebih menjaga hati, karena kecantikan & ketampanan tak bisa hanya dinilai dari wajah. Intinya inner beauty lebih bernilai dari face beauty. Maka dari itu disisi Tuhan tak ada bedanya apakah anda cantik/tampan ataupun tidak. Yg lebih bernilai hanyalah ketaatan padaNya.  



Najaf Sultana, 16, dibakar ayahnya sendiri saat berusia 5 tahun gara2 ayahnya tidak mau punya anak perempuan lagi. Najaf sudah menjalani operasi plastik 15 kali untuk memperbaiki wajahnya. Sumber :http://jube.supersized.org/archives/110-Budaya-Bakar-Muslimah-di-Pakistan.html 



Kecantikan yg tersembunyi lebih terjaga keindahannya dan selalu berada dlm kebaikan.Sedangkan kecantikan yang bebas dinikmati demi kepuasan duniawi semata hanya menjerumuskan pemiliknya pada kehinaan.

Postur Tubuh Anda
Tubuh ini diciptakan Tuhan dengan kelengkapan sitem organ luar & dalam demi kehidupan manusia. Syukurilah itu.lihat diri Anda sendiri..sekujur tubuh Anda. Adakah yang cacat ?..
Bentuk kepala anda, leher, bahu, dada, lengan, perut, pinggul, paha, tungkai kaki dll yang menjadi satu-kesatuan dlm bentuk indah tubuh anda, akibat susunan rangka/tulang-belulang yang diselimuti daging/otot-otot serta kulit. Berbagai ukuran postur tubuh manusia di dunia ini, ada yang tinggi/panjang, ada yang rendah/pendek, gemuk,kurus, dsbnya. Apapun bentuk tubuh anda, saya yakin tubuh andalah yang paling anda sayangi. Sehingga anda mesti melindunginya dengan pakaian yang baik & menghangatkannya dari terpaan hujan, teriknya sinar mentari,atau dinginnya cuaca. Anda pasti tidak akan membiarkan tubuh anda ini terserang penyakit. Sehingga, olahraga menjadi kebiasaan hari-hari anda utk menjaga tubuh agar tetap segar, sehat/fit. Ada juga sadar tubuh anda tak selalu digunakan, karena anda merasakan capek, lelah/letih setelah berjam-jam,seharian bekerja. Perut anda terasa lapar/keroncongan. Anda perlu energi baru melalui makanan yg anda makan. Tapi ingat, mentang-mentang lagi lapar,apa aja mau dimasukin ke mulut,yg penting kenyang. Apa prilaku seperti ini yg dpt menjaga tubuh ?...Makanan tak selalu mahal,yg penting bergizi & bernutrisi. Anda lebih tau soal ini. Dengan memakan makanan yg baik, halal, tdk beracun, maka akan menghasilkan energi yg baik pula bagi tubuh anda & menjauhkan tubuh anda dr kerusakan. Tapi..manusia memang rakus, segalanya mau dimakan namanya juga omnivora. Yang jelas-jelas racun masih aja dimakan & dinikmati. Rokok, miras, extasi,shabu-shabu, & jenis narkoba lainnya adalah racun pembunuh manusia, tapi masih saja ada manusia yg asyik “ngemil” dari bahan makanan 0 gizi& vitamin ini.

Tangan & kaki Anda
Banyak hal yg bisa kita lakukan dengan tangan ini.Maka pergunakanlah anugerah dari Tuhan ini untuk kebaikan diri dan kehidupan umat manusia.Lihatlah jemari tangan anda yang indah,memudahkan anda untuk memegang sesuatu, dengan gerakan tangan manusia bisa berkarya. Tulisan ini adh hasil tarian jemari saya di atas tombol keyboard.Sehingga dengan bebas,anda berkomunikasi via chatting,facebook-an,twiter-an,ngeblog,& menjelajahi dunia cyber. Anda yg senang menulis, memetik senar gitar/kecapi& alat musik petik, dan hal-hal yg membuat tangan anda bekerja untuk anda. Baru terasa pentingnya tangan ini. kuku-kuku anda yang mengkilap bersih & indah jika anda rajin merawatnya. Lihatlah sidik jari anda,lihatlah lebih dekat lagi,inilah tanda pengenal anda seumur hidup. Sidik jari ini sangat membantu tim forensic dari pihak kepolisian dlm mengenali identitas pribadi seseorang. Begitu juga kaki sangat berguna utk menopang tubuh anda. Dlm dunia kosmetika, ada dilakukan secara khusus metode/cara perawatan kaki khusus wanita. Betapa pentingnya kaki bagi kehidupan ini, dengan memanfaatkan fungsi kaki, orang sedunia asyik larut dlm pertarungan sepak bola. Melalui organ yg satu ini pula, anda bisa pergi ke mana saja tanpa hambatan. Mungkin anda pernah mengalami kesulitan berjalan,menggerakkan, menginjakkan kaki anda, karena kaki anda sedang sakit, atau patah akibat insiden tabrakan,atau sekedar kesemutan dll. Atau anda hanya mengalami keseleo saat berolahraga. Ataupun kendaraan bermotor anda mogok dijalan akibat habis bensin/mesin rusak. Tak ada pilihan lain, meski jauh anda mesti berjalan kaki mendorong motor anda menuju kios bensin /bengkel. Atau pengalaman apa saja yg membuat kaki anda berguna bagi kehidupan anda. Ini membuat anda menyadari betapa pentingnya kaki anda.


Meski cacat ia tetap berprestasi menunjukan bahwa dia juga punya karya yg pantas dihargai dalam hidupnya. 

Semangat pantang menyerah membuat Bapak ini terus melatih diri agar tidak jadi beban orang lain.

Kulit Anda
Perhatikan & rabalah kulit anda, mungkin anda bangga dengan kulit mulus,putih,bersih karena anda rajin merawatnya. Begitu pula warna kulit lain seperti sawo matang, kuning langsat, cokelat gelap, sungguh kita diciptakan beraneka warna. apapun warna kulit anda, semestinya anda lebih bersyukur karena tanpa kulit yg menyelimuti tubuh ini, yakinlah anda akan tersiksa & sengsara. Seharusnya Anda bangga telah memiliki warna kulit persis sama dengan ayah& ibu anda. Ini bukti bahwa anda adalah generasi penerus di masa mendatang dengan membawa sifat,warna kulit secara genetik. Dengan begitu anda & keluarga anda dapat dikenal. Ciri khas seperti anda & keluarga anda tdk mungkin dimiliki orang lain,meski pun persis sama. Dengan kulit,anda mengetahui suhu di luar anda. Anda merasakan kehangatan mentari pagi, panasnya api, kesejukan angin malam, dinginnya es. Selain itu anda dapat merasakan nyeri,perih, pedih, gatal, nikmat, karena syaraf rangsangan yg berada di lapisan epidermis yang sangat sensitif/peka. Apa yang terjadi jika fungsi kulit anda rusak ?..skali lagi, anda tidak mesti memaksakan diri anda untuk memutihkan kulit jika kulit anda memang memiliki warna khas atau gelap,yang paling penting fungsi kulit anda masih bisa anda rasakan. Apa jadinya jika kulit yg memiliki ciri khas berwarna gelap dipaksakan putih ?...berbagai upaya dilakukan agar terkesan putih, paradikma yg keliru jika orang berpikir kulit putih (cerah) itu lebih baik dari kulit hitam (gelap). Jacko adalah seorang negro, ini wajah sebelum operasi plastikKasus Michael Jackson (Jacko) yang dijuluki Raja panggung itu memilih operasi plastik untuk merubah warna kulit negronya menjadi cerah seperti orang kulit putih di barat. Setelah dioperasi plastikIa pun tak puas merubah warna kulit, wajahnya juga diubah agar terkesan “lebih menjual”. Namun apa yg terjadi ?...,hari-hari Jacko hanya disibukkan dengan merawat kulit wajahnya, karena bahan buatan mudah memuai terkena panas & jacko mengalami iritasi kulit yang sangat parah. Sehingga menggerogoti nyawanya. Inilah contoh manusia yang hanya mengandalkan popularitas dengan tampilan fisik luarnya saja. Meski orang sedunia mengagung-agungkan suara & performant-nya di atas pentas, ia tetap melanggar ketetapan Tuhan atas dirinya.

Kontemplasi Tubuh & Pikiran yang Sehat

Sebenarnya masih banyak hal yg mesti kita “jelajahi” dari tubuh ini. Penjelajahan belum usai pada tahap mengenali & memahami jati diri. Selanjutnya Andalah yang menilai, menentukan apakah diri anda seorang materialis, hedonis, lebih membanggakan,mengutamahan hal-hal materi/ fisik demi mendapatkan kenikmatan & kepuasan duniawi ?...atau anda seorang yg teruji jiwanya dari kemegahan alam fisik ini, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kehidupan anda, karena anda yakin fisik ini hanyalah milikNya yg dititipkan kepada anda utk digunakan sesuai kehendakNya.
Tanyalah hati anda, tentukan pilihan anda, karena hanya anda yg bisa membantu diri anda sendiri.

Bersambung….(sambungannya—diaplikasikan dlm renungan hidup kita)
[Catatan renungan bening^_~hati 7 April 2010]

0 comments:

Crocodile Print Pointer