Berbagi Inspirasi Hidupku

Memahami bahasa alam dan kehidupan

Sunday 25 March 2012

TIPS SEHAT HARI INI : Mengelola Stres

24 Maret 2010 pukul 16:33

Rata-rata orang dewasa hanya tertawa sedikit dalam sehari, sedangkan anak-anak bisa tertawa sampai ratusan kali sehari. Penyakit seringkali ada kaitannya dengan stress. Kita kerap mengkhawatirkan suatu masalah tanpa memiliki banyak informasi mengenai faktanya, padahal bila kita mengetahui banyak informasi mengenai fakta yang sesungguhnya belum tentu masalah tersebut perlu dikhawatirkan.

Bawalah rilex sejenak diri Anda.
Apa saja dampak negatif yang ditimbulkan stress ? Pada waktu kita mengalami stress tubuh akan mengeluarkan hormon, terutama hormon adrenalin dan kortikosteroid, yang meningkatkan tekanan darah, membuat jantung berdebar-debar, aliran darah ke system pencernaan dan ke otot menjadi berkurang. Pada saat tekanan darah dan detak jantung meningkat, nafas kita menjadi tersengal-sengal. Adrenalin juga membuat kadar gula darah meningkat. 

Pada waktu stress menjulang, daya tahan tubuh menjadi berkurang. Tubuh kita menjadi normal kembali begitu stress menghilang.Namun stress yang berlangsung lama membuat tubuh sulit untuk kembali normal. Stres yang berlangsung lama dapat menyebabkan sakit kepala, sakit punggung, diabetes, eksim, kerontokan rambut, penuaan dini, gangguan syaraf, gangguan otot, dan gangguan tidur yang berlarut-larut. Padahal gangguan tidur dapat menyebabkan menurunnya daya konsentrasi. Biasanya orang yang menderita stress membutuhkan lebih banyak tidur dari pada orang yang bahagia.

Bila Anda stress, jumlah hormone seks akan menurun, aliran darah menjadi tidak lancer, dan gairah seksual berkurang. Selain mengganggu kesehatan, stres juga merusak penampilan karena wajah menjadi tidak berseri-seri.

Dampak Positif Stres

Stres bisa membuat kita merasa tantangan dan ini membuat hidup kita bersemangat. Kita termotivasi untuk melakukan sesuatu yang baik. Dengan sanggup melakukan sesuatu yang baik, kita memiliki harga diri yang lebih tinggi dan menjadi orang yang lebih bahagia. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan diri dengan situasi, dan mengambil langkah positif dalam menghadapistres. Yang pasti kita tidak bisa menghindari diri dari stressor (penyebab stress) karena stressor bisa terjadi setiap hari. Namun yang pasti kita perlu berpikir secara positif agar kita bisa mendapat keuntungan dari stresor. Jangan berlebih-lebihan dalam memandang stressor. Seringkali kita merasa khawatir akan sesuatu yang belum tentu terjadi atau sesuatu yang berada di luar kekuasaan kita.

Tips Menghilangkan Stres:
1. Untuk menghilangkan stress secara sementara, Anda bisa pergi berlibur sendiri atau bersama keluarga. Bila stress sudah berlarut-larut, Anda perlu latihan teknik mengelola stress yang efektif. Perhatikan apa yang menyebabkan Anda stress dan bagaimana cara Anda bereaksi terhadap stress tsb. Lakukan sesuatu yang positif dlm mengatasi stress. Pelihara kesehatan agar tubuh Anda tetap kuat ketika Anda mengalami stress. Bila kesehatan Anda tidak terjaga, Anda bisa sakit bila stress dating. Kesehatan yg baik membantu Anda utk hidup bahagia.

2. Disiplinkan diri Anda kpd sikap-sikap yg positif sehingga Anda cukup kuat dan tenang dlm menghadapi berbagai tekanan. Lakukan teknik pernafasan, relaksasi.

3. Memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya utk hal-hal yg produktif. Fokuskan perhatian Anda pd target yg ingin Anda capai, buat deadline yg realistis utk mencapai hasil tsb. Buat jadwal mengenai apa saja yg perlu Anda kerjakan dlm sehari & cobalah utk mematuhinya. Dlm proses mencapai target tsb, sesekali Anda perlu refresing utk menyegarkan pikiran.

4. Segera mandi begitu Anda sampai di rumah. Kesegaran air menghilangkan kelelahan Anda selama di tempat kerja.

5. Miliki hobi tertentu, seperti memelihara hewan, merawat tanaman, mengoleksi benda seni, dan sebagainya. Hobi bisa menghilangkan stress Anda sehari-hari.

6. Orang yg menderita stress biasanya suka sekali makan atau justru kehilangan selera makan. Bila Anda termasuk org yg suka makan pd saat stress, cobalah mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan terutama yg banyak mengandung vitamin C. Buah dan sayur dapat membuat Anda lebih sehat tanpa menjadi gemuk. Jangan mengemil untuk menghilangkan stress. Lebih baik Anda melakukan meditasi.

7. Jangan menonton televisi lebih dari 5 jam seminggu. Lebih baik Anda mengembangkan keahlian baru, bermain dengan anak, atau membaca buku yg membuat Anda rileks.

8. Olahraga adh cara efektif utk menghilangkan stress. Para ahli berpendapat, olahraga teratur dpt membuat tubuh lebih sehat, kulit lebih bercahaya, & membuat mood Anda menjadi lebih enak.

9. Pergunakan waktu cuti Anda utk mengunjungi tempat-tempat yg belum pernah Anda lihat.

10. Cobalah minum segelas susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung asam amino yg dpt membuat rileks sel-sel saraf pd otak. Susu juga mengandung kadar kalsium tinggi yg dpt membuat otot-otot menjadi lebih rileks.susu minuman yg sehat & menghangatkan tubuh & pikiran anda.

11. Bila Anda mengalami gangguan tidur akibat stress, makanan yg dpt membuat Anda lebih mudah tidur adh pisang, kurma, yogurt, tuna, dan kacang-kacangan. Hindari mengonsumsi gula, keju, cokelat, kentang, bayam, dan tomat sebelum tidur. Jangan makan terlalu malam bila Anda mengalami gangguan tidur.



Bawalah diri Anda utk rilex dan merenungi keindahan alam semesta ciptaan Tuhan.Jangan lupa ibadah padaNya.

Sumber : Ratih Poeradisastra,2004. Perawatan Wajah & Tubuh Pria, PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta, h.116-119

0 comments:

Crocodile Print Pointer